Riset Kata Kunci untuk SEO 100% Page One
Riset Kata Kunci untuk SEO 100% Page One


Sebelumnya kita sudah membuat postingan tentang Strategi Riset Kata Kunci, pada kesempatan saat ini saya membuat artikel tentang Riset Kata Kunci untuk SEO yang lebih lengkap.
Anda mungkin tahu bahwa Riset Kata Kunci adalah salah satu tugas SEO yang paling penting. Tetapi Anda mungkin bertanya: Bagaimana cara menemukan kata kunci? Dan apa yang harus saya lakukan setelah saya menemukannya? Dalam panduan utama ini, kami akan memandu Anda melalui seluruh proses langkah demi langkah.
Apakah itu Kata Kunci?
Kata kunci (terkadang disebut sebagai “SEO keywords”) adalah kata atau frasa apa pun yang diketik pengguna ke mesin pencari untuk menemukan informasi tertentu di internet. Kata kunci adalah gerbang yang mengarahkan orang ke hasil penelusuran organik dan pada akhirnya, ke situs web tempat mereka menemukan apa yang mereka cari.
Itulah mengapa menemukan kata kunci yang tepat sangat penting dalam pengoptimalan mesin pencari. Ini membantu Anda menemukan frasa yang digunakan orang ketika mencari informasi sehingga Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda agar muncul di hasil pencarian untuk kata kunci yang tepat.
Kata kunci ditemukan melalui proses yang disebut Riset Kata Kunci.
Apa itu Riset Kata Kunci?
Riset kata kunci adalah praktik SEO untuk menemukan, menganalisis, dan menggunakan frasa yang digunakan orang untuk mencari informasi di internet.
Dengan kata lain, ini tentang mengenal bahasa pengunjung potensial Anda dan menggunakan pengetahuan ini untuk mengoptimalkan konten Anda.
Mengapa melakukan Riset Kata Kunci?
Karena ini adalah salah satu tugas SEO yang paling terpenting dan cara yang bagus untuk menjangkau lebih banyak orang dengan konten Anda.
Bagaimana melakukan Riset Kata Kunci?
Nah, panduan ini akan membantu Anda dalam hal ini.
Anda tidak perlu khawatir, Riset Kata Kunci bukanlah ilmu yang mudah dipahami. Setelah Anda memahami dasar-dasarnya dan mempelajari beberapa strategi yang telah terbukti (serta beberapa tip & trik berguna), Anda siap melakukannya!
Kapan melakukan Riset Kata Kunci?
Riset kata kunci biasanya merupakan langkah pertama pengoptimalan mesin telusur dari situs web mana pun.
Paling sering, ini diperlukan pada saat Anda:
mencari niche baru
mencari ide konten baru
mengoptimalkan konten Anda yang ada
Siapa yang harus melakukan Riset Kata Kunci?
Semua pemilik situs web, blogger, pemasar online, atau spesialis SEO.
Sejarah yang singkat tentang Riset Kata Kunci
Cara orang melakukan Riset Kata Kunci telah berkembang dari waktu ke waktu.
Sejarah SEO dapat ditelusuri kembali ke pertengahan 1990-an. Berikut adalah garis waktu pencapaian penting dalam evolusi mesin pencari dan SEO.
Karena banyak yang menyalahgunakannya, Google menanggapi dengan beberapa pembaruan algoritme selama bertahun-tahun. Tujuan dari pembaruan ini adalah untuk memahami apa yang diinginkan pengguna dan melayani mereka dengan hasil terbaik.
Pembaruan algoritme terpenting yang memengaruhi cara kami melakukan Riset Kata Kunci:
Google Panda – telah menghukum konten tipis, berkualitas rendah dan teks duplikat
Google Penguin – menghukum penggunaan kata kunci yang tidak wajar
Google Hummingbird – telah meningkatkan pencarian semantik dan fokus pada maksud pencarian
Saat ini, Riset Kata Kunci lebih dari sekadar menemukan kata kunci yang “tepat” dan menempatkannya di tempat yang “tepat”.
Google menjadi lebih baik dan lebih baik dalam memahami apa yang dicari orang. Tujuan utamanya adalah menawarkan konten yang paling memuaskan kebutuhan mereka.
Google RankBrain
RankBrain adalah komponen algoritme Google berdasarkan artificial intelligence.
Itu sudah ada selama beberapa tahun, tetapi butuh beberapa waktu sampai diterapkan sepenuhnya. Pada 2015, Google mengumumkan bahwa RankBrain adalah sinyal peringkat terpenting ketiga.
Berkat RankBrain, Google memiliki 2 hal:
Bagaimana pengguna berinteraksi dengan hasil penelusuran organik
Apa maksud pencarian di balik kueri
Dengan kata lain, Riset Kata Kunci semakin menjadi topik yang hangat. Ini bukan lagi tentang menemukan satu kata kunci yang ideal. Ini tentang memahami audiens dan meliput topik dengan cara yang kompleks.
Sederhananya – jika topiknya dibahas dengan baik, Anda dapat memberi peringkat untuk kata kunci yang bahkan tidak Anda gunakan dalam teks! Anda tidak percaya saya? Cari tahu sendiri!
Ini tidak berarti bahwa Riset Kata Kunci tidak lagi penting – justru sebaliknya. Ini hanya terlihat sedikit berbeda dari sebelumnya.
Tahapan Riset Kata Kunci
Untuk tujuan panduan ini, saya telah membagi seluruh proses menjadi 3 langkah utama:
Menemukan kata kunci
Menganalisis kata kunci
Menggunakan kata kunci
Mari kita selami dengan detail disetiap langkah.
Bagaimana menemukan kata kunci
Untuk menulis konten yang menarik yang mencakup kebutuhan orang-orang yang tertarik dengan niche Anda, Anda perlu tahu apa yang mereka cari.
Saran Riset Kata Kunci pertama saya adalah: Kenali dulu niche Anda apa!
Riset kata kunci memungkinkan Anda untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang sub-topik dan tema berulang di niche Anda.
Misalkan Anda memiliki blog tentang Travel. Anda tidak perlu menjadi jenius untuk mengetahui bahwa salah satu kata kunci yang ingin Anda rangking adalah “Travel” atau “Tips Travel” .
Namun jika Anda menggali lebih dalam tentang nichenya, Anda akan menemukan bahwa orang yang tertarik dengan Travel juga dapat menggunakan kata kunci seperti:
“Tempat Makan Makanan Perancis Terbaik di Bali“
“Promosi Hotel di Legian Bali”
“Tempat Wisata Populer di Pulau Lombok“
Semua ini disebut kata kunci ekor panjang (long-tail keywords). Kata kunci ekor panjang tipikal memiliki properti berikut:
Terdiri dari 3 kata atau lebih
Memiliki volume pencarian yang lebih rendah tetapi biasanya juga persaingan yang lebih rendah
Lebih spesifik = memiliki tingkat keterlibatan dan konversi yang lebih tinggi
Pengunjung yang datang melalui kata kunci ekor panjang mungkin mewakili bagian yang signifikan dari semua lalu lintas organik yang Anda dapatkan.
Internet adalah tempat untuk memberikan informasi, menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah.
Strategi konten Anda harus bertujuan menjawab semua pertanyaan yang dapat dimiliki seseorang tentang niche Anda. Kata kunci berekor panjang adalah cara terbaik untuk menemukannya.
Kata kunci berekor panjang mewakili sub-topik tertentu dalam niche Anda. Ini tidak berarti bahwa konten Anda harus selalu mengikuti pola 1 kata kunci ekor panjang = 1 posting blog.
Kemungkinan kombinasi ekor panjang yang hampir tak terbatas untuk suatu topik. Tidak mungkin membuat postingan untuk masing-masingnya.
Alih-alih, Anda dapat membuat konten bentuk panjang yang akan mencakup seluruh topik dan memberi peringkat untuk kata kunci ekor panjang secara alami.
Mari kita lihat beberapa tempat yang dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang biasa digunakan orang-orang saat mendiskusikan topik terkait.


Google Keyword Planner telah lama menjadi alat kata kunci gratis bagi banyak orang.
Seiring waktu, Riset Kata Kunci menjadi lebih kompleks. Saat ini, sebagian besar SEO menggantikan Google Keyword Planner dengan alat yang lebih canggih.
Untuk menggunakan alat ini, Anda perlu membuat akun Google Ads (Anda perlu waktu beberapa detik jika Anda sudah memiliki akun Google).
Setelah mendaftar, buka Tools – Keyword Planner.
Pilih Find new keywords dan masukkan kata kunci untuk mendapatkan saran.
Setelah itu, Anda akan melihat daftar kata kunci yang diurutkan berdasarkan relevansinya dengan kata kunci anda.
Google Keyword Planner adalah alat hebat yang menawarkan banyak data berharga.
Untuk SEO, ini memberikan ratusan ide kata kunci tetapi tidak sepenuhnya menggantikan alat kata kunci.
Alat Riset Kata Kunci
Cara paling umum untuk menemukan banyak peluang kata kunci adalah dengan menggunakan alat Ada banyak alat di pasaran – KWFinder, KeywordTool, Long Tail Pro, dan lain-lain…
Anda mungkin bertanya – haruskah saya membayar untuk alat Riset Kata Kunci?
Tentu jawabannya tergantung banyak hal.
Keuntungan utama menggunakan alat Riset Kata Kunci profesional:
Ini menghemat banyak waktu (Anda mendapatkan ratusan ide kata kunci secara harfiah dalam satu klik)
Ini menawarkan data yang tidak akan Anda temukan di tempat lain (seperti kesulitan kata kunci, volume pencarian, data SERP)
Ini memberi Anda keunggulan kompetitif (melawan mereka yang tidak menggunakan alat kata kunci apa pun)
Saya menyebutkan bahwa penelitian kata kunci biasanya terdiri dari tiga langkah utama: MENEMUKAN, MENGANALISIS, dan MENGGUNAKAN kata kunci. Dengan alat Riset Kata Kunci, Anda akan membahas langkah pertama dan kedua.
Ada dua metode dasar untuk melakukan Riset dalam alat kata kunci:
Cari berdasarkan kata kunci
Riset berbasis pesaing
1. Pencarian berdasarkan kata kunci
Seperti yang disarankan dalam namanya, metode ini dimulai dengan kata kunci. Ini bisa berupa frasa apa pun yang menggambarkan topik.
Jika Anda ingin membuat konten tentang mesin kopi, masukkan saja kata kunci “mesin kopi” ke dalam alat.
Saat berbicara tentang alat Riset Kata Kunci, saya menggunakan KWFinder sebagai alat contoh dalam panduan ini. Ini mendukung Riset Kata Kunci dan kata kunci pesaing.
Saran didasarkan pada relevansi topik serta fitur pelengkapan otomatis – kata kunci yang mengandung kata kunci + kata lain.
Selain saran kata kunci, alat berkualitas menawarkan metrik SEO yang akan membantu Anda menganalisis dan memilih kata kunci yang tepat.
Anda dapat dengan cepat memeriksa volume pencarian yang tepat , tingkat kesulitan kata kunci dan halaman hasil pencarian (SERP).
2. Riset kata kunci berbasis pesaing
Riset kata kunci pesaing adalah salah satu fitur alat kata kunci yang paling berharga.
Mengapa? Karena itu adalah pekerjaan yang sangat membosankan untuk menemukan kata kunci pesaing Anda secara manual. Anda benar-benar harus membuka halaman demi halaman dan menebak kata kunci yang menjadi fokus pesaing Anda.
Tetapi ini hanya masalah beberapa klik dengan alat yang tepat.
Ada dua cara dasar untuk melakukannya:
a) Periksa domain pesaing Anda untuk mendapatkan ide topik baru
Dengan memeriksa kata kunci yang diperingkat pesaing Anda, Anda dapat menemukan ide topik baru yang menarik yang dapat Anda bahas dengan situs web Anda.
Pada contoh di bawah ini, saya telah memasuki domain blog populer tentang kopi homegrounds.co . Alat ini menampilkan daftar kata kunci yang diperingkat situs web ini.
Sesimpel itu.
b) Periksa URL tertentu untuk mendapatkan ide kata kunci untuk topik tertentu
Teknik ini biasanya digunakan jika Anda sudah memiliki topik tertentu. Misalkan Anda ingin menulis artikel tentang “pour over coffee” untuk blog kopi Anda.
Cukup masukkan kata kunci ke Google dan lihat siapa yang memeringkatnya. Jika bukan Anda, itu adalah pesaing Anda.
Setelah Anda menemukan pesaing, cukup masukkan URL artikelnya dan Anda dapat melihat kata kunci lain untuk peringkat artikel tersebut. Semuanya adalah kata kunci yang terkait erat dengan topik utama Anda.
Pada tangkapan layar, Anda dapat melihat bahwa satu artikel tentang “pour over coffee” peringkat untuk istilah terkait lainnya seperti:
“pour over coffee temperature”
“pour over filter”
“pour over coffee instructions”
“what is pour over”
Semuanya adalah kata kunci yang dapat Anda gunakan di konten Anda sendiri.
Cukup keren, bukan?
Saran Google
Google menawarkan banyak saran kata kunci langsung dalam pencarian untuk membantu orang menemukan hasil yang paling relevan.
Mari kita lihat 3 fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk menemukan ide kata kunci baru:
Pelengkapan Otomatis
Anda mungkin memperhatikan bahwa Google mencoba menyarankan permintaan pencarian terkait langsung di formulir pencarian. Karena ini didasarkan pada pencarian nyata oleh orang-orang, ini bisa menjadi inspirasi yang bagus untuk kata kunci yang menarik.
Mulailah dengan mengetik kata kunci Anda ke dalam pencarian Google dan tambahkan huruf (atau angka) untuk melihat sarannya.
Orang juga bertanya
Salah satu fitur yang dapat Anda temukan di hasil penelusuran Google adalah yang disebut cuplikan “orang juga bertanya/people also ask” . Ini muncul sebagian besar untuk pertanyaan pertanyaan dan menyarankan pertanyaan terkait lainnya.
Jika Anda mengklik salah satu pertanyaan, pertanyaan yang lebih terkait akan muncul. Dengan cara ini, Anda dapat memuat pertanyaan “tak terbatas”.
Ini dapat menjadi inspirasi untuk kata kunci tipe pertanyaan berekor panjang.
Penelusuran terkait dengan …
Fitur ini sangat mirip dengan pelengkapan otomatis, tetapi sarannya ada di bagian bawah halaman hasil.
"Kata kunci inspiratif"

Selain Google, hampir semua mesin pencari lain menawarkan saran dan istilah terkait mereka sendiri. Anda mungkin tidak mendapatkan banyak kata kunci yang tidak akan Anda temukan di Google, tetapi itu sepadan. Anda dapat mencoba Bing, Yahoo atau DuckDuckGo.
AnswerThePublic
Cara yang lebih mudah untuk mengekstrak saran pelengkapan otomatis adalah melakukannya secara otomatis. Salah satu alat yang melakukannya secara gratis adalah AnswerThePublic.
Cukup masukkan kata kunci Anda dan itu menghasilkan saran pelengkapan otomatis dari Google dan Bing untuk setiap huruf dalam alfabet.
Fitur yang paling saya sukai adalah menghasilkan saran kata kunci berdasarkan:
Kata tanya (kapan, bagaimana, dimana, apa, bisa, akan…)
Preposisi (untuk, tanpa, kepada, dengan,…)
Perbandingan kata (seperti, versus, dan, atau,…)
Riset Kata Kunci Menggunakan YouTube suggestions
YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia.
Meskipun Riset Kata Kunci untuk platform ini memiliki kekhususannya sendiri, ini juga dapat berguna untuk Riset Kata Kunci Google.
Ada ribuan pencarian di balik topik paling populer. Ada kemungkinan besar bahwa kata kunci populer dari YouTube akan memiliki volume pencarian yang tinggi di Google juga.
Mari kita ambil contoh.
Jika kami menelusuri “water filter” di YouTube, saya akan menemukan ide kata kunci yang jelas di judul salah satu hasil video – “diy water filter”.
Volume penelusuran memberi tahu bahwa frasa tersebut juga sangat populer di penelusuran Google.
Cara lain adalah dengan menggunakan fitur YouTube autocomplete suggestions. Saat mencari video di YouTube, orang biasanya menggunakan kueri penelusuran yang lebih berorientasi “praktis”.
Riset Kata Kunci menggunakan Google Search Console
Cara terbaik untuk menemukan kata kunci yang sangat relevan adalah dengan memeriksa peringkat Anda di Google Search Console.
Jika artikel sudah mendapat peringkat untuk beberapa kata kunci, ada kemungkinan besar Anda akan menemukan frasa ekor panjang lain yang juga diperingkatnya.
Mari kita lihat 2 cara untuk menemukan kata kunci dengan potensi terbaik:
1. Periksa kata kunci dengan tayangan tinggi tetapi jumlah klik rendah
Kata kunci dengan jumlah tayangan yang tinggi dan jumlah klik yang sangat rendah dapat menunjukkan bahwa ada potensi lalu lintas yang besar tetapi peringkat Anda tidak cukup tinggi (atau peringkat Anda untuk waktu yang singkat dan tidak lagi).
Catatan: Ini berlaku untuk kata kunci yang Anda rangking pada SERP ke-2 atau lebih rendah. Jika Anda memberi peringkat pada SERP pertama, tetapi kliknya sangat rendah, itu adalah masalah dengan rasio klik-tayang yang rendah.
Buka Search Console Anda dan pilih Kinerja di bagian kiri sidebar.
Anda dapat memeriksa semua kata kunci yang Anda rangking dengan domain (pengaturan Kueri default).
Atau Anda dapat pergi ke Halaman, pilih URL tertentu dan kemudian klik kembali ke Kueri untuk melihat kata kunci yang Anda rangking dengan URL spesifik tersebut.
Selanjutnya, urutkan hasil berdasarkan jumlah tayangan. Anda harus mencari kata kunci yang mungkin relevan dengan konten Anda tetapi memiliki jumlah klik yang rendah.
Mereka semua relevan tetapi posting tersebut jelas tidak memiliki peringkat yang baik untuk mereka – mereka memiliki jumlah tayangan yang tinggi tetapi jumlah klik yang rendah.
Apa yang bisa kita lakukan?
Analisis kata kunci untuk melihat apakah mereka sepadan dengan usaha (terutama dalam hal volume pencarian dan kesulitan).
2. Periksa peringkat Anda pada SERP ke-2 atau ke-3
Dengan memeriksa posisi rata-rata untuk kueri, Anda dapat menemukan bahwa Anda mendapat peringkat pada SERP ke-2 atau ke-3 untuk kata kunci yang bukan fokus utama artikel, namun memberi Anda tayangan dan klik.
Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih posisi Rata – rata di bagian Kinerja (tidak ditampilkan secara default). Kemudian urutkan kueri menurut dimensi ini.
Meskipun ini sama sekali bukan cara paling akurat untuk melihat peringkat Anda, ini akan membantu Anda menemukan buah gantung rendah di antara kata kunci yang sudah Anda rangking.
Katakanlah Anda menulis artikel tentang berbagai jenis mesin kopi.
Di Search Console, Anda menemukan kata kunci “pembuat kopi 4 cangkir” dengan posisi rata-rata di sekitar SERP ke-2 atau ke-3.
Karena kata kunci relevan dan memiliki volume pencarian yang solid, ini bisa menjadi sumber lalu lintas yang bagus untuk blog Anda.
Ada dua hal yang dapat Anda lakukan:
Anda dapat memperbaiki artikel saat ini untuk lebih menekankan pada kata kunci. (Namun, Anda mungkin tidak ingin membahas subtopik spesifik seperti itu dalam artikel umum.)
Anda dapat menulis posting baru yang berfokus pada “pembuat kopi 4 cangkir terbaik” dan menautkannya dari artikel utama.
Dengan artikel berkualitas yang didedikasikan untuk topik tersebut, Anda memiliki peluang tinggi untuk mendapatkan peringkat kata kunci pada posisi yang lebih baik daripada dengan posting umum.
Riset Kata Kunci menggunakan Reddit
Reddit adalah salah satu komunitas online terbesar yang mencakup hampir semua topik yang dapat Anda bayangkan. Dengan demikian, ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk menemukan orang-orang yang tertarik dengan niche Anda dan menemukan topik yang mereka diskusikan.
Katakanlah niche Anda adalah aquascaping (saya menemukan niche ini saat menulis panduan ini dan saya pikir saya menemukan hobi saya).
Pertama, cari subreddits yang terkait dengan niche Anda. Seperti yang Anda lihat, bahkan niche tertentu seperti aquascaping memiliki ribuan pengikut di berbagai subreddits.
Anda dapat memilih subreddit tertentu dan melihat posting paling populer. Atau, Anda dapat mencari posting tipe pertanyaan dalam subreddit.
Istilah pencarian yang dapat Anda gunakan:
“pertanyaan”
“bagaimana bisa saya”
“apa kabar”
“saran”
“Tips”
Anda akan menemukan berbagai pertanyaan terkait dengan niche tersebut. Mereka dapat menjadi inspirasi untuk konten Anda berikutnya berdasarkan apa yang orang diskusikan secara online.
Pada gambar di atas, Anda dapat melihat kemungkinan ide topik untuk niche aquascaping.
Cepat dan praktis, bukan?
Riset Kata Kunci menggunakan Quora
Quora adalah platform populer lainnya yang berfokus pada pertanyaan apa pun. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, setiap pertanyaan yang sering diajukan dapat diperlakukan sebagai kata kunci berekor panjang.
Berikut cara menemukan pertanyaan paling populer untuk niche tertentu:
Katakanlah niche Anda adalah “email marketing”. Pertama, Anda perlu mencari halaman topik di Quora. Cukup ketikkan kata kunci utama Anda dan pilih hasil yang sesuai.
Anda akan sampai ke halaman topik – lebih dari 750k pengikut, cukup bagus. Di panel kanan, Anda akan melihat daftar topik terkait, yang mungkin berguna untuk menjelajahi niche lebih jauh.
Meskipun tidak mungkin untuk menentukan peringkat pertanyaan berdasarkan popularitas di Quora, Anda dapat mengklik tiga titik dan memilih “All Questions”.
Daftar semua pertanyaan dalam topik akan muncul. Sekarang Anda dapat menjelajahinya dan mencari yang memiliki jumlah pengikut / jawaban tertinggi.
Pada contoh di bawah ini, kita melihat pertanyaan “What are the best practices for sending cold emails?” memiliki 246 pengikut. Anda baru saja menemukan topik yang cukup populer dalam niche Anda.
Tentu saja, Anda tidak harus fokus pada pertanyaan yang paling banyak diikuti saja.
“What is marketing funnel?” adalah contoh bagus dari kueri yang berfungsi sebagai pertanyaan dan kata kunci pada saat yang sama.
Ada ratusan pertanyaan seperti ini.
Selami Quora dan mulai temukan mereka.
Riset Kata Kunci di Forum khusus
Meskipun forum tidak sepopuler sebelumnya, berbagai bentuk forum niche berorientasi sempit tetap bertahan.
Anda dapat menggunakan kueri penelusuran ini untuk menemukan forum yang terkait dengan topik Anda:
“ Forum kata kunci ”
“ Kata kunci ” + “forum”
“ Kata kunci ” + “forum”
Berikut adalah contoh forum aktif di niche board games :
Tip: Lihatlah jumlah posting / komentar dan tanggal posting terakhir untuk mengidentifikasi apakah forum tersebut aktif atau tidak.
Dengan menyelami kategori tertentu, Anda dapat menemukan banyak untaian dan kemungkinan ide kata kunci berdasarkan topik yang secara aktif didiskusikan orang.
Jika Anda melihat forum khusus yang sepertinya berasal langsung dari tahun 90-an, dengan ribuan utas dan kiriman terakhir dari satu jam yang lalu, Anda telah menemukan permata.
Riset Kata Kunci menggunakan Amazon
Tahukah Anda bahwa Amazon memiliki mesin pencari sendiri bernama A9?
Serupa dengan Google dan YouTube, ia mengumpulkan data tentang kueri penelusuran populer dan menawarkan saran otomatis.
Anda dapat mencarinya secara manual atau menggunakan salah satu dari banyak alat gratis yang melakukannya secara otomatis.
Relevansi saran didasarkan pada rasio konversi produk dan perilaku pembelian.
Kata kunci ini mungkin berguna terutama untuk konten dengan maksud transaksional.
Apakah Anda seorang pemasar afiliasi? Seorang pemilik toko e-niaga?
Jangan lupakan Amazon.
Riset Kata Kunci dari Wikipedia
Wikipedia juga merupakan sumber kata kunci yang bagus. Berkat struktur bertingkatnya, Anda dapat beralih dari topik yang lebih luas ke subtopik yang lebih sempit. Menelusuri daftar isi dan sub-bab adalah cara yang bagus untuk melakukannya.
Berikut adalah contoh pencarian yang beralih dari kata kunci yang luas ke topik yang sangat spesifik:
Exercise (topik utama) – Fitness (subtopik) – Physical fitness (artikel) – Aerobic exercise (artikel) – Types of aerobic exercise (bab) – Indoor rower (artikel) – Indoor rowing techniques (bab)
Saya mendapat dari topik yang luas seperti latihan ke sub-topik / kata kunci tertentu seperti teknik mendayung dalam ruangan dalam beberapa menit.
Untuk beberapa topik besar, Anda dapat menemukan tabel lengkap tentang subtopik terkait di bagian bawah halaman Wikipedia mereka. Ini dapat memberi Anda wawasan yang bagus tentang struktur dan kedalaman topik.
Sumber ide kata kunci yang cukup besar, bukan?
Bagaimana menganalisis kata kunci
Setelah Anda memiliki lusinan ide kata kunci, tugas utama Anda adalah memilih ide yang paling bernilai bagi Anda. Anda tidak ingin mengoptimalkan ratusan kata kunci, bukan?
Ada tiga aspek utama yang perlu dipertimbangkan – popularitas, kesulitan, dan relevansi kata kunci.
Mari kita lihat lebih dekat 3 kata ini:
1. Popularitas kata kunci
Popularitas kata kunci biasanya berarti yang volume pencarian – berapa banyak orang mencari frase yang diberikan. Biasanya dihitung sebagai rata-rata bulanan berdasarkan 12 bulan terakhir.
Ada dua sumber dasar data volume pencarian yang digunakan dalam alat Riset Kata Kunci:
Data Google – data volume pencarian dari database Google Keyword Planner
Data clickstream – data volume pencarian berdasarkan perilaku pengguna internet (dikumpulkan dari ekstensi browser, plugin, dll.)
Berbagai alat kata kunci menggunakan berbagai sumber dan berbagai cara pemrosesan data. Akibatnya, mungkin ada perbedaan dalam nilai volume pencarian.
Kedua sumber memiliki pro dan kontra dan tidak ada satupun yang 100% tepat.
Catatan: Jangan lupa bahwa konten yang ditulis dengan baik kemungkinan besar akan mendapat peringkat untuk banyak kata kunci lain dan total volume pencarian akan lebih tinggi. Jangan menjadi budak volume pencarian, anggap itu sebagai petunjuk.
Anda juga harus melihat popularitas kata kunci dari perspektif yang lebih panjang dengan memeriksa tren minat jangka panjang kata kunci tersebut.
Alat hebat untuk membantu Anda dalam hal ini adalah Google Trends. Anda cukup memasukkan kata kunci atau topik tertentu dan alat tersebut akan menunjukkan minat Anda dari waktu ke waktu dalam skala dari 1 hingga 100.
Google Trends juga dapat membantu Anda melihat kemusiman kata kunci. Kata kunci musiman adalah kata kunci yang terikat pada waktu tertentu dalam setahun (musim panas / musim dingin, liburan, acara tahunan).
Anda harus mempertimbangkan rasio klik-tayang (RKT).
RKT sangat tergantung pada posisi situs Anda. Ada hal lain yang mempengaruhinya, terutama rich snippet.
2. Kesulitan kata kunci
Kesulitan kata kunci adalah metrik yang memperkirakan seberapa sulit menentukan peringkat untuk kata kunci tertentu. Semakin tinggi tingkat kesulitan kata kunci, semakin sulit untuk menentukan peringkat kata kunci dengan situs web Anda.
Metrik kesulitan yang digunakan dalam alat kata kunci mempertimbangkan otoritas peringkat situs web di SERP pertama.
Jika ada banyak situs web dengan otoritas rendah di SERP pertama, ada kemungkinan besar peringkat untuk kata kunci tersebut.
Bagaimana otoritas situs dihitung? Dalam kebanyakan kasus, kalkulasi memperhitungkan dua hal:
Jumlah backlink – berapa banyak halaman yang tertaut ke situs web tertentu
Kualitas backlink – tergantung pada otoritas dan relevansi halaman yang menghubungkan
Ada berbagai metrik otoritas yang mapan. Yang paling populer adalah Domain Authority dan Page Authority oleh Moz dan Citation Flow dan Trust Flow oleh Majestic.
Anda dapat membaca tentang Tips Membangun Backlink untuk SEO 100% Berhasil untuk meningkatkan kinerja situs anda.
Metrik ini mencoba menangkap otoritas halaman menjadi satu angka dalam skala dari 1 hingga 100. Jika Anda mempertimbangkan otoritas semua peringkat situs web untuk kata kunci di SERP pertama, Anda dapat memperkirakan seberapa sulit untuk menentukan peringkatnya. kata kunci itu.
Untuk bekerja dengan metrik kesulitan kata kunci dengan benar, penting untuk mengingat beberapa hal:
Jangan menganggap kesulitan kata kunci sebagai satu-satunya petunjuk. Metrik harus berfungsi hanya sebagai pedoman, bukan nilai absolut. Jika konten Anda lebih baik dan lebih relevan, Anda dapat mengungguli situs web dengan otoritas yang lebih tinggi.
Jangan membandingkan angka di antara alat yang berbeda. Setiap alat penelitian kata kunci menggunakan data yang berbeda untuk menghitung kesulitan kata kunci mereka sehingga nilainya akan berbeda. Sebaliknya, bandingkan metrik kesulitan antara kata kunci.
Jangan lupakan faktor subjektif. Tidak ada metrik yang dapat memberi tahu Anda dengan tepat seberapa sulit BAGI ANDA untuk menentukan peringkat untuk kata kunci tertentu. Ada banyak faktor subjektif yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu:
– keterampilan SEO Anda,
– otoritas situs web Anda,
– relevansi konten Anda.
Temukan pesaing dengan otoritas situs web serupa seperti milik Anda (Anda dapat membandingkan DA / PA atau CF / TF misalnya). Kemudian, lihat kata kunci yang mereka rangking dan buat konten yang lebih baik untuk mengungguli mereka.
Cara alternatif untuk memperkirakan kesulitan kata kunci
Meskipun metrik kesulitan mungkin merupakan cara paling andal untuk memperkirakan persaingan, ada beberapa cara lain:
Umur domain – Anda dapat fokus pada usia domain untuk menemukan SERP dengan situs web peringkat yang relatif muda. Misalnya, kata kunci dengan situs web berusia 6 bulan di SERP pertama dapat dengan mudah diberi peringkat.
Keyword Golden Ratio – metode ini memungkinkan Anda menemukan kata kunci berekor panjang yang seharusnya dapat Anda lebih cepat mendapatkan rangking.
Terkadang, jika tidak ada konten yang relevan, Google hanya menampilkan situs web semi-relevan dengan otoritas tinggi. Jika Anda memeriksa metrik kesulitan, Anda akan melihat angka yang tinggi.
(Ingat? Kesulitan dihitung berdasarkan otoritas situs web di SERP)
Ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat mengungguli mereka dengan konten yang sangat terfokus dan relevan. Anda harus selalu melakukan analisis SERP dan tidak hanya mengandalkan metrik kesulitan.
3. Relevansi (maksud pencarian)
Analisis SERP harus menjadi bagian integral dari setiap penelitian kata kunci.
Pertama, Anda dapat mengevaluasi kesulitan kata kunci dengan lebih baik dengan melihat otoritas situs peringkat.
Kedua, ini membantu Anda menemukan maksud pencarian di balik kata kunci untuk melihat apakah kata kunci tersebut relevan dengan konten Anda.
Ada 4 kategori maksud penelusuran dasar:
Navigasi – pengguna mencari situs web / merek tertentu
Informasi – pengguna mencari informasi umum
Transaksional – pengguna ingin membeli sesuatu secara online
Komersial – pengguna ingin melakukan penelitian sebelum membeli
Cara terbaik untuk menemukan maksud di balik kata kunci adalah dengan Google dan melihat peringkat apa di SERP pertama.
Terkadang, kata kunci mungkin relevan secara topik dengan halaman Anda, tetapi tidak relevan dalam hal maksud pencarian.
Izinkan saya memberi Anda sebuah contoh:
Katakanlah Anda memiliki toko perlengkapan akuarium online dan Anda ingin mencari kata kunci fokus untuk halaman produk filter akuarium AquaClear tingkat lanjut yang baru .
Anda menemukan kata kunci “filter akuarium terbaik” . Ini memiliki volume pencarian yang solid dan tampaknya cukup mudah untuk diberi peringkat.
AquaClear – filter akuarium terbaik untuk tangki ikan Anda! Judul yang cukup menarik, bukan?
Namun, sekilas SERP akan menunjukkan kepada Anda bahwa kata kunci yang Anda pilih tidak sesuai untuk konten Anda.
Mengapa? Maksud pencarian tidak cocok.
Google memahami dengan jelas “filter akuarium terbaik ” sebagai kata kunci komersial – semua hasilnya adalah ulasan dan panduan pembelian.
Contoh keywords
| Volume | Comp. | IAAT | |
|---|---|---|---|
| 121,509 | 57.23 | 229,584 | |
| 35,588 | 70.44 | 597,462 | |
| 13,852 | 40.42 | 46,259 | |
| 48,190 | 36.52 | 29,013 | |
| 3,856 | 22.51 | 3,124 | |
| 697 | 29.1 | 10,189 | |
| 1,272 | 14.05 | 356 | |
| 202 | 18.64 | 1,312 | |
| 133 | 20.08 | 1,846 | |
| 3,696 | 44.73 | 73,831 | |
| 179 | 28.76 | 9,656 | |
| 118,293 | 85.74 | 1,477,383 | |
| 517 | 52.38 | 152,742 | |
| 33,843 | 77.47 | 925,710 | |
| 72,855 | 40.74 | 48,019 | |
| 33,481 | 59.87 | 282,621 | |
| 314 | 34.8 | 23,229 | |
| 1,343 | — | 0 | |
| 57,225,169 | 92.21 | 2,064,882 | |
| 19,060 | 30.77 | 13,169 |
Keywords opportunities not on page
| Volume | Comp. | IAAT | |
|---|---|---|---|
| 866 | 14.65 | 432 | |
| 359 | 17.08 | 877 | |
| 267 | 6.6 | 11 | |
| 201 | 15.6 | 578 | |
| 177 | 9.05 | 47 |
Butuh bantuan pakai jasa MASTERWEB.COM
Atau anda ingin
Kerjasama menjadi publiser iklan ?
Klik saja dari beberapa penyedia iklan berikut ini

Komentar
Posting Komentar